Cara Unik Agar Dapatkan Tidur Yang Lebih Nyenyak

Selain dengan cara-cara yang klasik, untuk mendapatkan tidur yang nyenyak, anda juga bisa mencoba dengan melakukan cara-cara tak wajar. Untuk itu ketahui Cara Unik Agar Dapatkan Tidur Yang Lebih Nyenyak

Selamat datang kembali salah satu situs milik Alfian Herbal yang merupakan agen penjualan obat herbal online terbsar dan terpercaya yang menyediakan berbagai macam obat untuk mengobati segala jenis penyakit, dari penyakit ringan sampai openyakit berat. Salah satunya menyediakan Ginkgo Biloba Plus Capsule yang merupakan Obat Pelancar Peredarah Darah yang sangat ampuh, efektif dan tanpa efek samping. Tapi dikesempatan ini kami bukan akan memberikan informasi mengenai produk kami, karena kami juga akan memberikan informasi mengenai semua yang berkaitan dengan kesehatan, yaitu mengenai Cara Unik Agar Dapatkan Tidur Yang Lebih Nyenyak. Nah, bagi anda yang belum mengetahui, silahkah simak informasinya berikut ini.

Cara Unik Agar Dapatkan Tidur Yang Lebih Nyenyak

Cara Unik Agar Dapatkan Tidur Yang Lebih Nyenyak — Apakah tidur anda selalu nyenyak? atau sebaliknya, anda sulit tidur terlelap sehingga selalu kurang tidur yang membuat tubuh lesu? Kesulitan tidur di malam hari atau insomnia, dialami hampir 30% orang dewasa. Masalah yang umum dialami, tapi bukanlah pertanda baik bagi kesehatan.

Kurang tidur berisiko meningkatkan serangan jantung, tekanan darah tinggi hingga obesitas. Apalagi jika masalah tidur sudah membatasi kemampuan anda beraktivitas dari hari ke hari, ada baiknya segera berkonsultasi ke dokter. Untuk gangguan tidur ringan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar jam tidur lebih berkualitas.

Berikut ini cara-cara yang terbilang unik agar tidur nyenyak yang bisa anda coba

  • Minum Susu Hangat

Menurut pakar pengobatan masalah tidur Jeanne Duffy, PhD, minum susu hangat akan memberikan efek lebih relaks. Ketika diminum sebelum tidur, efek relaks yang timbul akan membuat Anda lebih mudah terlelap. Bagaimana dengan yang memiliki intoleransi laktosa atau alergi susu? Tidak harus selalu dengan susu. Jeanne menjelaskan, rutinitas apapun sebelum tidur yang membuat Anda merasa relaks, akan membantu Anda lebih cepat terlelap.

Pilihlah rutinitas yang membuat Anda relaks, dan tetaplah melakukannya tiap malam, jangan hanya di malam ketika Anda merasa stres atau lelah,” saran profesor yang bekerja di Brigham and Women’s Hospital di Boston ini, seperti dikutip dari Everyday Health.

  • Minum Cuka Apel

Pengakuan seorang anggota Everyday Health, minum segelas air putih yang dicampur satu sendok teh cuka apel sebelum tidur, akan membantunya lebih mudah tidur nyenyak. Benarkah cara ini efektif?

Beberapa orang merasa minum campuran ini tepat sebelum tidur akan membantu mereka lebih cepat tidur dan waktu tidurnya lebih panjang. Meskipun belum diketahui secara pasti bagaimana dan kenapa ini bisa bekerja, cukup banyak orang yakin ramuan ini efektif,” ujar praktisi kesehatan holistik Carolyn Harrington.

  • Baca Buku

Jeanne mengatakan membaca buku di tempat tidur, pada beberapa orang bisa membuat pikiran relaks dan akhirnya tertidur. Tapi membaca buku juga bisa memicu orang untuk terus membaca sampai akhir sehingga efeknya justru sebaliknya. Jika Anda ingin memakai cara ini, sebaiknya tentukan batas waktu berapa lama Anda akan membaca buku. Satu jam? Dua jam? Begitu mencapai batas, berhenti membaca buku, matikan lampu dan mulailah mencoba tidur.

Satu hal yang mesti diperhatikan saat membaca buku sebelum tidur adalah paparan cahaya dari lampu. Jika lampu terlalu terang dan Anda lama membaca buku, lampu akan menyetel ulang jam biologis tubuh yang bisa membuat Anda sulit bangun pagi,” kata Jeanne.

  • Memikirkan Kehangatan Keluarga

Salah satu kunci bisa tidur dengan nyenyak adalah relaks dan tidak gelisah karena Anda ingin cepat tidur. Apapun stimuli yang sekiranya bisa mencapai pikiran untuk relaksasi dan mengurangi kecemasan bisa berguna,” ucap Jeanne.

Memikirkan atau mengingat kenangan manis tentang keluarga, atau kekasih, akan membuat hati bahagia. Pikiran pun jadi lebih tenang, dan berujung pada kualitas tidur yang lebih baik karena Anda jadi lebih mudah tidur.

  • Mandi Air Hangat

Mandi air hangat bisa memicu Anda lebih cepat tidur karena suhu tubuh menjadi hangat. Ketika suhu kulit meningkat dan secara perlahan-lahan menurun, tubuh akan menjadi relaks dan berada di fase bersiap-siap untuk tidur.

Apalagi ketika disertai dengan minum secangkir teh chamomile, yang sudah dikenal dengan efek relaksasinya,” tutur Carolyn.

  • Memainkan didgeridoo

Didgeridoo adalah instrumen musik tradisional dari Australia. Bentuknya hampir mirip seruling, namun ukurannya lebih besar dan panjang. Penelitian di Swiss menunjukkan bahwa memainkan alat musik tiup ini mampu menyembuhkan kesulitan tidur. Tak hanya itu, alat musik ini juga membuat Anda tidak mengantuk di siang hari. Alat musik ini menguatkan organ pernafasan bagian atas dan melebarkan saluran napas. Seringkali kesulitan tidur dan apnea disebabkan oleh saluran pernapasan yang menyempit.

  • Menghitung mundur

Menghitung mundur juga bisa membantu Anda untuk cepat tertidur lelap. Namun, jangan mulai dari angka puluhan. Mulailah dari ribuan atau ratusan. Peneliti mengatakan cara ini akan berhasil karena Anda melakukan kegiatan yang monoton dan menenangkan pikiran.

  • Bernyanyi

Peneliti menemukan bahwa bernyanyi mampu mengganggu jalannya pesan dan sinyal ke otak. Sinyal ini seringkali menyebabkan otak sibuk dan membuat kita terjaga. Biasanya seseorang akan tertidur setelah menyanyikan satu atau dua lagu. Pilihlah lagu favorit Anda, nyanyikan dengan suara pelan jika takut mengganggu orang lain.

  • Menekuk jari kaki

Menekuk jari-jari kaki dan menahannya hingga hitungan ke tujuh bisa membuat seseorang merasa tenang. Tempelkan kaki satu sama lain dan tekuk jari=jari kaki hingga hangat. Lakukan ini beberapa kali, dan rasakan ketika tubuh dan pikiran Anda mulai tenang.

  • Menulis

Biasanya seseorang terjaga karena ada sesuatu yang mengganggu pikirannya. Selalu sediakan alat tulis dan kertas di dekat tempat tidur. Ketika sesuatu mulai mengganggu pikiran Anda, langsung tulis saja. Kemudian lupakan hal tersebut dan pergi tidur.

Baca Juga : Penyakit Yang Ditandai Dengan Sakit Perut Sebelah Kiri

Nah, itulah informasi seputar Cara Unik Agar Dapatkan Tidur Yang Lebih Nyenyak. Cara-cara tersebut bisa dikombinasikan satu sama lain. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Cara Unik Agar Dapatkan Tidur Yang Lebih Nyenyak

1 Comment

Leave a comment